Polres Kebumen Gencarkan Sosialisasi Protokol Kesehatan Melalui Lomba Video



KEBUMEN, (seputarkebumen.com)- Sebagai bentuk komitmen dalam menekan laju perkembangan Covid-19. Polres Kebumen menggelar lomba video Kampung Siaga Candi Merdeka Covid-19.

Lomba tersebut sebagai upaya preventif agar masyarakat lebih peduli memasuki adaptasi kebiasaan baru atau new normal. Selain itu, lomba yang diikuti 24 kampung ini merupakan ajang sosialisasi untuk menarik minat masyarakat untuk tetap menerapkan protokol kesehatan dalam setiap aktivitas.

Kapolres Kebumen AKBP Cahya Kurniawan menyampaikan, penyebaran Covid-19 yang belum menunjukan kurva menurun hingga saat ini sangat diharapkan adanya partisipasi masyarakat. Maka perlu apresiasi yang dituangkan dalam sebuah karya video guna memberi contoh kelompok masyarakat lain.
“Tentunya yang juara menjadi pelopor untuk desa lain supaya tetap menerpakna protokol kesehatan,” ucapnya, saat menyerahkan hadiah lomba video Kampung Siaga Candi Merdeka Covid-19 di Polres Kebumen, Selasa, (25/08/2020).

Hal ini juga dilakukan sebagai implementasi peningkatan kedisiplinan dan penegakan hukum protokol kesehatan dalam pencegahan dan pengendalian Covid-19 yang selaras dengan instruksi Presiden Nomor 6 Tahun 2020.

Kapolres Kebumen menjelaskan, peserta lomba merupakan perwakilan Kampung Siaga Candi Merdeka Covid-19 binaan Polsek se Kabupaten Kebumen. Ada beberapa kriteria penilaian lomba, diantaranya teknik pengambilan gambar, makna yang terkandung dalam video tersebut serta upaya nyata dalam penanganan dan pencegahan Covid-19.

“Jadi setiap Polsek kita punya desa binaan dalam rangka pencegahan dan pengendalian Covid-19. Itu yang diusulkan sebagai peserta lomba dengan cara dan penanganan masing-masing,” terangnya.

Pelaksanaan lomba ini juga sekaligus memeriahkan peringatan HUT RI ke 75. Dari hasil penilaian juri yang melibatkan jajaran Polres Kebumen serta tim eksternal. Desa Panjangsari, Kecamatan Gombong didaulat sebagai Juara 1 lomba video Kampung Siaga Candi Merdeka Covid-19. Sementara juara 2 yakni Desa Wonorejo, Kecamatan Karanganyar, dan Juara 3 Desa Jatijajar, Kecamatan Ayah.

Sementara, Kaur Perencanaan Desa Panjangsari, Miswanto mengapresiasi langkah Polres Kebumen bersama MNC grup menyelenggarakan lomba video Kampung Siaga Candi Merdeka Covid-19. Menurutnya, hal ini berguna sebagai pemantik semangat dan sumber inspirasi pencegahan Covid-19.

“Sejauh ini memang warga kami belum ada yang positif corona. Untuk antisipasi kita juga fasilitasi ruang karantina setiap RT. Perolehan juara ini kedepan tentunya akan lebih maksimal untuk melaksanakan aturan maupun ketentuan sesuai standar,” tuturnya. (Hfd)